Skip to main content
x
Dalam rangka menjaga stabilitas ekonomi daerah menjelang Idul Fitri, Kemendagri masih secara rutin melaksanakan rapat koordinasi (rakor) pengendalian inflasi daerah melalui platform zoom, senin (2/4/24). (Diky/mediasinardunia.com)

Menjaga Stabilitas Ekonomi Daerah: Rakor Pengendalian Inflasi Jelang Idul Fitri

Kaur, Mediasinardunia.com - Dalam rangka menjaga stabilitas ekonomi daerah menjelang Idul Fitri, Kemendagri masih secara rutin melaksanakan rapat koordinasi (rakor) pengendalian inflasi daerah melalui platform zoom. Rakor ini dilakukan bersamaan dengan Apel Siaga Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) jelang Idul Fitri, dihadiri oleh Kepala Badan Pangan Nasional, Menteri Pertanian, dan Menteri Perindustrian Dalam Negeri. Senin, (2/4/24). 

Berbagai topik penting dibahas dalam rapat, termasuk pemantauan harga barang-barang pokok di daerah, peran sektor-sektor terkait dalam menjaga pasokan barang, serta upaya yang dapat dilakukan pemerintah daerah untuk mengendalikan inflasi di setiap daerah menjelang Lebaran.

Dalam sambutannya, Irjen Kemendagri Tomsi Tohir mengimbau agar pemerintah daerah terus melakukan pengawasan dan pemantauan kenaikan harga barang di setiap daerah, serta melanjutkan program Gerakan Pangan Murah.

"Ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga, seperti telur, beras, bawang putih, bawang merah, minyak goreng, daging ayam, cabai, dan gula pasir, sehingga perlunya pemantauan lebih lanjut dari pemerintah di sejumlah daerah," ujar Tomsi.

Sementara itu, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi menyatakan bahwa melalui program Gerakan Pangan Murah yang dijalankan oleh pemerintah daerah, diharapkan masyarakat di seluruh Indonesia dapat memperoleh kebutuhan pokok dengan harga terjangkau untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

(Rilis MC Kaur)