Skip to main content
x
Penertiban Hewan Ternak Liar di Bengkulu Selatan, Langkah Tepat untuk Ketertiban Umum, 09/07/2024 (Diky/Mediasinardunia.com)

Penertiban Hewan Ternak Liar di Bengkulu Selatan, Langkah Tepat untuk Ketertiban Umum

Bengkulu Selatan, Mediasinardunia.com - Operasi penertiban hewan ternak liar di wilayah Bengkulu Selatan terus digencarkan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Damkar. Hasil dari operasi tersebut telah mulai terlihat, dengan razia dilaksanakan menjangkau berbagai wilayah seperti jalan dua jalur Padang Panjang hingga ke Kantor Camat Pino Raya, kemudian melalui Desa Tanggo Raso hingga Jembatan Air Pino, dan berakhir di Kantor Satpol PP dan Damkar Bengkulu Selatan.

Sementara itu, Dinas Pertanian Bengkulu Selatan juga telah memulai Program Gerakan Tanam Serentak Tanpa Pagar yang diharapkan dapat mendukung Penumbuhan Kampung Ternak Intensif Terpadu (Peten) dan meningkatkan pemahaman masyarakat dalam memelihara hewan ternak.

Kasat Pol PP dan Damkar Bengkulu Selatan, Erwin Mukhsin S.Sos, menjelaskan bahwa penertiban hewan ternak ini dilakukan berdasarkan Peraturan Daerah No. 09 Tahun 2022 tentang Penertiban Pemeliharaan Hewan Ternak. Dalam operasi tersebut, sebanyak 10 ekor sapi berhasil diamankan karena dibiarkan berkeliaran di jalan raya oleh pemiliknya, mengganggu ketertiban umum.

Erwin menekankan pentingnya kerjasama dalam menjalankan kegiatan razia hewan ternak ini, dengan melibatkan empat unit mobil operasional Satpol PP dan 1 unit mobil operasional PM, serta personel Satpol PP dan Polisi Militer.

Penertiban hewan ternak dilakukan bukan untuk memberatkan masyarakat dengan denda, namun lebih sebagai langkah preventif. Petugas berharap agar masyarakat memiliki kesadaran dan tanggung jawab dalam memelihara hewan ternaknya, serta tidak membiarkannya berkeliaran di jalanan yang dapat menimbulkan masalah baru.

Peternak yang merasa memiliki hewan ternak yang diamankan dapat mengambilnya di Kantor Satpol PP dengan membayar denda sesuai ketentuan Perda. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan masyarakat dari hewan ternak liar di Kabupaten Bengkulu Selatan.