Skip to main content
x
Kepala Bidang Pengolahan Sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, selasa (2/4/24). (Diky/mediasinardunia.com),

Antisipasi Peningkatan Volume Sampah Selama Ramadan 2024: DLH Kota Bengkulu Siap Jaga Kebersihan Lingkungan

Bengkulu, Mediasinardunia.com - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu melalui Kepala Bidang Pengolahan Sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), Rusman, memperkirakan bahwa volume sampah selama Ramadan tahun 2024 akan meningkat.

Diperkirakan bahwa volume sampah akan mencapai 3-7 ton per hari dan jumlah tersebut diprediksi akan terus bertambah menjelang hari raya Idul Fitri 1445 Hijrah.

Rusman menyatakan bahwa selama bulan Ramadan memang terjadi peningkatan jumlah sampah karena berbagai aktivitas berjualan santapan berbuka puasa dan sampah rumah tangga, namun peningkatan tersebut tidak begitu signifikan.

"Setiap tahun saat hari raya pasti terjadi penambahan volume sampah. Secara rata-rata, 5-6 kubik satu mobil dump truk dengan berat 2-3 ton akan dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA)," ujar Rusman pada Selasa (2/4/24).

Untuk mengantisipasi hal tersebut, DLH telah menyiapkan kontainer sampah di berbagai titik yang rentan terjadi penumpukan, seperti di pasar dan terminal.

Rusman menambahkan bahwa pihaknya selalu bekerja keras ketika mendekati hari raya untuk mengatasi masalah sampah dan menjaga lingkungan tetap bersih.

Di beberapa titik penumpukan sampah, DLHK Kota Bengkulu telah menyediakan satu unit kontainer sampah yang setiap hari diangkut menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Air Sebakul.

Namun, untuk sampah rumah tangga, saat ini dikelola oleh pihak kelurahan melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM).

"Kami tidak lagi mengambil sampah rumah tangga dari rumah masyarakat, kecuali di jalan-jalan utama dan tempat usaha. Karena sekarang sudah ada LPM yang mengelolanya," jelasnya.

Harapannya, saat Idul Fitri tiba, kondisi di Kota Bengkulu akan bersih. "Pada hari lebaran, mungkin kami juga akan mengangkut sampah-sampah yang kurang sedap dipandang di beberapa tempat," tutupnya.

(Rilis MC/KB)