Skip to main content
x
Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seluma menggelar rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Catatan Strategis terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Seluma Tahun 2023, Senin 3/6/24.(Ari/Mediasinardunia.com)

DPRD Kabupaten Seluma Gelar Rapat Paripurna Sampaikan Catatan Strategis Atas LKPJ Bupati Seluma Tahun 2023

Seluma, Mediasinardunia.com - Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seluma menggelar rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Catatan Strategis terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Seluma Tahun 2023 yang bertempat di Gedung Paripurna Senin, (3/6/2024).

Rapat paripurna tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Seluma Nofi Eriyan Andesca, S.Sos didampingi Waka I DPRD Kabupaten Seluma Sugeng Zonrio, S.H serta diikuti oleh seluruh anggota DPRD Kabupaten Seluma, Forkopimda Kabupaten Seluma, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Seluma, Asisten dan Staf Ahli, Pejabat Eselon II dan III diruang lingkungan Pemerintah Kabupaten Seluma.

Juru Bicara (Jubir) DPRD Kabupaten Seluma Dirhan joyo dalam pidatonya menyampaikan, bahwa ada 3 pokok urusan pemerintahan yang harus diperbaiki untuk kedepannya yang sesuai dengan Undang-Undang (UU) Tahun 2014 tentang Otonomi Daerah yakni urusan pemerintahan wajib, urusan pemerintahan pilihan, dan urusan pemerintahan pendukung. Ketiga poko urusan tersebut DPRD Kabupaten Seluma meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) untuk ditingkatkan lagi.

“Untuk Pemerintahan wajib seperti dibidang pendidikan masih kurangnya tenaga pendidikan, kemudian masih kurang meratanya penempatan guru disetiap sekolah. Kemudian dibidang kesehatan, Pemerintahan Daerah harus juga memperhatikan infrastruktur pelayanan yang harus memadai mulai dari puskesmas hingga rumah sakit penunjang pelayanan medis untuk masyarakat dalam kondisi yang baik. Kemudian dibidang PUPR, DPRD mengharapkan akses jalan perkantoran, Rumah Dinas (Rumdin) untuk diperbaiki dan ditingkatkan serta jalan menuju objek wisata juga untuk ditingkatkan. Kemudian untuk dibidang sosial, untuk lebih meningkatkan pelayanan untuk masyarakat miskin supaya masyarakat lebih terjamin kehidupannya,” sampainya.

Kota Bengkulu

Dirhan Joyo menambahkan, bahwa sejumlah kritik dan saran tersebut disampaikan guna untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Seluma serta memajukan Kabupaten Seluma kearah yang lebih baik lagi, sehingga mampu bersaing dengan Kabupaten-Kabupaten lain yang ada di Provinsi Bengkulu.

“Kritik dan saran yang kami sampaikan ini untuk meningkatkan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai piliar pembangunan di Kabupaten Seluma agar mampu dan tumbuh serta berkembang selaras dengan Kabupaten-Kabupaten lain,” imbuhnya.

Bupati Seluma Erwin Octavian, SE dalam sampaiannya menyampaikan ucapan terimakasih sebesar-besarnya atas partisipasi memberikan kontribusi secara langsung maupun tidak langsung atas catatan dan rekomendasi LKPJ Bupati Seluma berupa catatan-catatan strategis berisikan kritik, saran, dan masukan terhadap penyelenggaraan Pemerintah Daerah yang menjadi kewenangan daerah Kabupaten Seluma selama Tahun anggaran 2023.

“Banyak keberhasilan yang telah dicapai Pemerintah Kabupaten Seluma dan telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas. Namun dengan demikian, kami juga menyadari masih banyak sekali keinginan dan harapan masyarakat yang belum dapat terwujud hingga saat ini,” sampainya.

Bupati Seluma juga menyampaikan dalam kesempatan ini,“Atas nama Kepala Daerah, saya menyampaikan permohonan maaf yang setinggi-tingginya kepada masyarakat Kabupaten Seluma, karena tidak semua harapan bisa kita capai serta merta, melainkan butuh waktu dan kerja keras serta dukungan dari keuangan daerah,” ujarnya.(Ihm)