Skip to main content
x
Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, masih menunggu petunjuk pelaksanaan tes Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024. (Diky/mediasinardunia.com)

Pemerintah Kabupaten Mukomuko Siapkan Pelaksanaan Tes CASN Tahun 2024: Menunggu Petunjuk Lebih Lanjut

Mukomuko, Mediasinardunia.com - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, masih menunggu petunjuk pelaksanaan tes Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024. Kabid Pengadaan, Pengembangan SDM, dan Pendidikan ASN Badan Kepegawaian Pengembangan, dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Mukomuko, Niko Hafri, menyatakan bahwa KemenPAN-RB RI telah menyetujui formasi CASN untuk Kabupaten Mukomuko sebanyak 1.000 orang.

Menurut Niko Hafri, pelaksanaan tes ASN tahun ini akan terbagi menjadi tiga tahap, yaitu tes PPPK, tes CPNS, dan tes sekolah kedinasan. Namun, rincian per kategori masih menunggu ketentuan lebih lanjut. Pihaknya masih menunggu petunjuk lebih lanjut terkait pelaksanaan tes CASN karena informasi dari pusat berbeda.

Formasi CASN untuk Kabupaten Mukomuko terdiri dari 150 formasi CPNS dan 850 formasi PPPK. Dari 150 formasi CPNS, 75 di antaranya untuk tenaga kesehatan dan 75 untuk tenaga teknis. Sementara itu, dari 850 formasi PPPK, 400 di antaranya adalah untuk guru, 150 untuk tenaga kesehatan, dan 300 untuk tenaga teknis.

Meskipun Kabupaten Mukomuko menerima jumlah formasi yang cukup besar, yaitu 1.000 formasi CPNS dan PPPK, tetapi masih perlu dipertimbangkan apakah anggaran daerah mencukupi untuk memenuhi semua formasi tersebut. Pihaknya akan menyusun kebutuhan aparatur sipil negara sesuai dengan instruksi dari KemenPAN-RB Nomor 173 tahun 2024, dan melakukan penyesuaian terkait data perencanaan pegawai di SIASN. Penyesuaian ini harus dilakukan paling lambat tanggal 29 Maret 2024.

(Rilis AB)