Skip to main content
x
Dukungan Ketua DPRD Provinsi Bengkulu Terhadap Pusat Sinergi Raih Indonesia Emas 2045

Dukungan Ketua DPRD Provinsi Bengkulu Terhadap Pusat Sinergi Raih Indonesia Emas 2045

Bengkulu, Mediasinardunia.com - Anggota DPRD Provinsi Bengkulu melaksanakan Rapat Paripurna istimewa dengan agenda mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT RI ke-78 tahun 2023.

Dalam rapat itu, mereka juga mendengarkan penyampaian pengantar/keterangan pemerintah atas RUU tentang APBN tahun anggaran 2024 beserta nota keuangan secara daring.

 

Kota bengkulu

 

Dalam pidatonya, Presiden Republik Indonesia menyampaikan beberapa hal, termasuk soal pemilihan presiden 2024 dan peredaran budaya kurang santun di Indonesia. Dirinya merasa prihatin karena nilai-nilai kesantunan dan budi pekerti luhur di Indonesia mulai menghilang.

“Saya melihat mayoritas masyarakat juga sangat kecewa dengan perubahan budaya tersebut, terutama perilaku yang tidak pantas. Namun, hal ini seharusnya membangkitkan kesadaran kita semua. Kesadaran bangsa untuk bersatu demi menjaga moral agar dapat maju menuju Indonesia emas 2045,” kata Jokowi, Rabu (16/08/2023).

Jokowi menekankan bahwa saat ini Indonesia memiliki kesempatan besar untuk mencapai posisi unggul ekonomi dunia. Namun, pertanyaannya adalah apakah pemerintah bersama masyarakat mau fokus untuk maju atau mempertahankan hal-hal yang tidak produktif.

“Hal-hal yang memecah belah bangsa dan membuat Indonesia mundur. Tetapi bonus geografi yang akan mencapai puncak di tahun 2030 adalah peluang untuk meraih Indonesia emas 2045,” kata Jokowi.

Ketua DPRD Provinsi Bengkulu, Ihsan Fajri, menyatakan bahwa peringatan HUT ke-78 tahun Republik Indonesia dapat menjadi dorongan untuk memajukan Indonesia ke depan. Namun, hal itu hanya dapat terwujud jika pemerintah daerah ikut bersinergi dengan program yang telah dijalankan oleh pemerintah pusat.

“Kita juga harus mengejar apa saja yang sudah diwacanakan pemerintah pusat, sehingga terjadi sinergisitas. Bengkulu harus siap, terutama dalam mempersiapkan SDM,” kata Ihsan.

Ihsan juga menjelaskan bahwa sumber daya alam (SDA) yang dimiliki Bengkulu sangat menjanjikan. Namun, perlu strategi bagi pemerintah daerah untuk mengembangkan potensi tersebut agar dapat mencapai Indonesia emas 2045.

“Pesan khususnya, masyarakat tetap harus kritis terhadap informasi di era digital saat ini yang banyak disertai dengan berita hoax. Masyarakat perlu mampu memfilter berita tersebut agar tidak terjerumus pada hal-hal yang tidak benar,” jelas Ihsan.(MSD/ADV)